BLOGS

HOME / BLOGS / Sebenarnya maklon itu apa sih

Senin, 30 April 2018 | 16:54:51 WIB

SEBENARNYA MAKLON ITU APA SIH

Maklon Kosmetik

Maklon Kosmetik merupakan sebuah kegiatan manufacturing yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga tertentu yang ingin membuat produk kosmetik tanpa harus memproduksinya sendiri.

Untuk membuat produk kosmetik tersebut dapat dimandatkan pada sebuah perusahaan lain yang kompeten dalam memproduksinya. Sehingga hasil yang di peroleh dapat sesuai dengan standar yang telah di tetapkan dalam hal ini adalah pemerintah melalui BPOM namun tanpa harus repot memproduksi sendiri.

Kegiatan maklon kosmetik ini biasa dilakukan oleh orang ataupun lembaga yang telah memiliki pasar dan konsumen tetap namun tidak memiki brand dan ijin untuk mengeluarkan produknya tersebut dalam jumlah banyak dan dipasarkan pada konsumennya tersebut secara umum, seperti klik kecantikan ataupun dokter kecantikan.

Maklon kosmetik biasanya dilakukan oleh pihak yang sudah mempunyai pasar dan konsumen damun tidak mau repot untuk mengurus perijinan pembuatan kosmetik yang digunakannya.

Karena dalam memproduksi sebuah produk kosmetik memiliki beberapa hal yang harus di lakukan, mulai dari menyediakan tempat produksi atau pabrik, mencari tenaga kerja, serta mengurus perijinan atau legalitas agar produk tersebut dapat beredar luas di kalangan konsumen.

Terkadang tidaklah jarang seseorang ataupun lembaga yang telah membuat produk dan brandnya sendiri mengalami kegagalan dalam hal perijinan karena belum memenuhi standar yang telah di tetapkan pemerintah.

Maka tidaklah heran menggunakan jasa maklon kosmetik menjadi solusi itu yang dipilih, karena dengan menggunakan jasa maklon Anda tidak harus menggurus perijinan, membuat pabrik serta mencari tenaga kerja.

Apakah Produk Kosmetik Ini Aman ?

Kosmetik pada umumnya langsung digunakan pada tubuh dan hal itu berarti akan terjadi kontak langsung dengan tubuh Anda. Sehingga keamanan akan produk tersebut haruslah menjadi sorotan utama yang tidak dapat diabaikan.

Sehingga dalam memilih perusahaan penyedia jasa maklon, baik jasa maklon kosmetik Bandung dan kota besar lain di Indonesia haruslah sangat selektif. Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan penyeda jasa maklon adalah bersertifikat BPOM dan telah lulus uji sehingga seluruh produk yang dihasilkannya aman.

Selain dari itu bagi Anda seorang muslimah salah satu pertimbangan lain yang perlu di perhatikan adalah halal atu tidaknya produk kosmetik tersebut.

Hal ini dapat dilihat dari bahan baku yang digunakan. Untuk memastikan produk kosmetik yang digunakan aman dan halal maka berikut ini adaah beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat memilih produk kosmetik :

  1. Melihat komposisi bahan yang digunakan, komposisi bahan merupakan faktor utama yang menentukan apakah produk tersebut aman dan halal untuk digunakan. Karena komposisi bahan memuat informasi mengenai kandungan bahan yang ada dalam kosmetik tersebut. komposisi bahan biasanya akan tercantum di bagian kemasan, hindarilah kosmetik yang mengandung bahan seperti plasenta atau gliserin turunan hewan, karena dianggap tidak halal bagi muslim.
  2. Mengecek legalitas produk tersebut, pilihlah produk yang telah bersertifikat halal yang dapat Anda dihat di bagian kemasannya. Biasanya untuk produk dalam negeri telah diberlakukan hal ini. Namun untuk produk luar negeri, Anda harus waspada dan berhati-hati karena terkadang tidak memuat label tersebut, sehingga Anda harus mencari informasi yang akurat dan tepat mengenai produk tersebut.
  3. Mengecek produsen, pilihlah kosmetik yang memiliki nama dan alamat produsen yang lengkap. Karena dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap maka dapat dinilai bahwa produsen tersebut dapat bertanggung jawab pada produk yang telah diproduksinya.
  4. Mengecek tanggal kadaluarsa produk, tanggal ini merupakan batas aman penggunaan sebuah produk. Jika Anda menggunakan produk yang telah kadaluarasa sudah dapat dipastikan hal tersebut akan merusak tubuh Anda.

Syarat Maklon Kosmetik

Syarat maklon kosmetik hanya melakukan order sesuai dengan minimal order jasa maklon kosmetik.

Biaya maklon kosmetik

Untuk biaya jasa maklon kosmetik selalu berubah mengikuti harga pasar, dan juga tergantung dari jenis kosmetik dan bahan yang akan dipakai untuk membuat kosmetik.

Sumber : https://kuliseo.net/sebenarnya-maklon-kosmetik-itu-apa-sih/